Rabu, 02 April 2014

[Book Review] Undakan Menjerit by Jonathan Stroud






Judul: Undakan Menjerit (The Screaming Staircase)
Pengarang: Jonathan Stroud
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2014
Tebal: 424 halaman
Available at: Bukupedia

“Ketika memasuki rumah yang berisi Pengunjung, sebaiknya masuklah cepat-cepat. Itu peraturan pertama yang kami pelajari. Jangan pernah ragu-ragu, jangan pernah berlama-lama di ambang pintu.”

Selama lima puluh tahun lebih, wabah hantu menyerang Inggris.

Lucy Carlyle menjadi penyelidik paranormal karena harus membantu ibunya mencari uang. Di antara kakak-kakak perempuannya hanya Lucy yang punya potensi untuk menjadi “agen”.

Kehidupannya berjalan baik sebelum terjadi petaka yang membuat Lucy memutuskan untuk kabur ke London dengan harapan bisa punya karir lebih bagus.

Sayangnya dia harus puas bisa bergabung dengan agensi pembasmi hantu paling kecil di London yang dipimpin Anthony Lockwood.

Ketika salah satu kasus mereka berakhir dengan kekacauan fatal, Lockwood & Co. memiliki peluang untuk memperbaiki keadaan. Sayangnya, itu berarti mereka harus menginap di rumah paling berhantu di Inggris.

“Tidak ada ‘harapan’ di sini. Dengan gabungan bakat kita, apa yang bisa salah?”

Dari awal saya membaca buku ini, saya sudah merasakan atmosfer kelam. Deskripsinya yang detail berhasil membuai pikiran saya untuk membayangkan sosok yang dideskripsikan oleh Stroud. Bikin merinding deh, serius. Apalagi yang dideskripsikan adalah arwah-arwah penasaran.

Sebelumnya saya menganggap enteng arwah penasaran yang muncul di buku ini. Ternyata mereka bukan hanya menakuti, tapi bisa juga “bertindak” dan menyebabkan kematian, tergantung tingkatan tipe mereka.

Selain menyeramkan, ada beberapa bagian yang juga lucu kok, dan karena penempatan jokes-nya pas, momen lucunya dapet :D 

Buku ini sangat pantas diberi 5 bintang, apalagi ini buku pertama dari sang pengarang yang saya baca, tapi saya kurangi 1 bintang deh :D karena menurut saya twist-nya kurang nendang. Saya berhasil menebak twist-nya walaupun awalnya hanya dugaan sotoy x))


“Menolak makanan gratis adalah kejahatan.”

RATING 4/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar