Sabtu, 17 Januari 2015

[Book Review] The Miraculous Journey of Edward Tulane by Kate DiCamillo






Judul: The Miraculous Journey of Edward Tulane
Pengarang: Kate DiCamillo
Penerbit: Candlewick (ebook)
Tahun Terbit: 2007
Tebal: 228 halaman

“I have been loved, Edward told the stars. So? said the stars. What difference does that make when you are all alone now?”

Edward merupakan sebuah kelinci porselen milik Abilene Tulane yang dihadiahkan oleh neneknya. Abilene sangat menyayangi Edward, menganggapnya sebagai hal paling berharga miliknya.

Suatu hari dalam perjalanan keluarga Abilene ke Inggris, secara tidak sengaja Edward terjatuh dari kapal, terhanyut, terombang-ambing oleh ombak laut. Sayangnya dia tidak bisa melakukan apa-apa selain mengikuti arus, karena Edward hanyalah kelinci yang terbuat dari porselen porselen.

Sampai kemudian Edward terdampar dan ditemukan oleh seorang pelaut. Sejak saat itu Edward melihat dunia dengan berbeda. Edward mulai mengenal apa itu cinta, bagaimana cinta dapat menimbulkan kesedihan dan merasakan perasaan bernama kehilangan.

“I have learned how to love. And it's a terrible thing. I'm broken. My heart is broken. Help me.”

Ada berapa banyak yang penasaran pengin baca buku ini karena drama You Who Came from the Stars? Saya salah satunya :D. Di dalam drama tersebut, buku ini digambarkan merupakan buku favorit Do Min Joon sang alien yang selalu dibacanya berulang-ulang. Tak jarang beberapa bagian bukunya dikutip di beberapa episode drama tersebut.

Buku ini merupakan buku yang indah. Ceritanya sederhana tapi penuh makna. Salah satu buku anak-anak yang bisa dibaca bahkan oleh orang dewasa sekalipun. Buku ini menyadarkan saya bahwa cinta, kesedihan dan kehilangan itu adalah satu paket. Jangan berhenti mencintai hanya karena pernah merasa sakit karena cinta. 

Bagian favorit saya adalah ketika Edward bertemu dengan Sarah Ruth. Bagian itu menurut saya yang paling sedih. Proses di mana Edward mulai mengenal lagi cinta, tapi juga akhirnya harus merasakan sakitnya kehilangan lebih dari yang dirasakannya sebelumnya. 

Selain ceritanya, ilustrasi di buku ini bagus. Beberapa adegan yang sedih, ditambah ilustrasinya jadi makin kerasa feel mengharukannya :(. Yang pasti buat saya buku ini adalah salah satu buku anak-anak favorit saya. Jadi penasaran dengan karya lain dari sang penulis! xD

“Open your heart. Someone will come. Someone will come for you. But first you must open your heart.”
If you have no intention of loving or being loved, then the whole journey is pointless.

RATING 5/5

2 komentar:

  1. berarti saya termasuk yang salah dua dong :D soalnya saya baru tau novel ini disebut-sebut di drama itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :O mungkin kamu terlalu serius ngeliatin pesona Do Min Joon kali x)) bahkan di episode terakhir kalo nggak salah, ending buku ini dibacain sama Do Min Joon, yang adegan dia ngilang tiba-tiba itu :D *ketauan hafal mati adegan drama Korea*

      Hapus