Rabu, 01 Juni 2016

Monolog ABOokaddict: Pembaca Poligamis





Halo, pembaca setia ABOokaddict! *emang ada?* *celingukan* *anggap aja ada yak? x))* Ada yang kangen saya? xD

Update-an saya kali ini sayangnya bukan review, saya belum sempat lagi menyelesaikan satu buku pun akhir-akhir ini. Mood saya masih fokus di drama Korea sik x)) tapi sebisa mungkin saya tetap baca kok setiap hari. Yah, nyicil dikit-dikit gitu lah.

Pagi ini saya tetiba kepikiran buat bikin rubrik baru di ABOokaddict, namanya Monolog ABOokaddict. Dan ini merupakan postingan pertama dari rubrik tersebut. Yeay! *tebar confetti* *bakar petasan*. Di Monolog ABOokaddict ini, saya akan ngoceh sendirian, panjang kali lebar tentang apa pun yang menarik untuk diocehkan selama itu menyangkut tentang buku xD. Buat yang mau ikutan nyumbang pendapat boleh banget, bisa tuliskan di kolom komentar :)

Naah, di kesempatan pertama ini saya akan membahas tentang “Pembaca Poligamis”. Pembaca Poligamis sebenarnya terjemahan suka-suka saya dari istilah Polygamist Reader *nggak tau bener atau nggak, huehehe*. Polygamist Reader sendiri adalah sebutan untuk jenis pembaca yang nggak bisa setia membaca satu buku saja, saking maruknya baca dua atau lebih buku dalam jangka waktu berbarengan. Untuk jelasnya sila lihat gambar yang saya dapat dari internet ini. Di bawah ini juga ada berbagai macam jenis kepribadian pembaca buku, termasuk Polygamist Reader. Saya kurang paham juga sih istilah-istilah ini buatan suka-suka atau gimana, yang jelas sering digunakan di kalangan sesama pembaca buku.



Kebetulan saya juga termasuk Pembaca Poligamis. Saya paling nggak tahan banget liat buku yang baru saya punya masih dibungkus plastik. Bawaannya langsung pengin saya lucutin aja plastiknya. Hahaha xD. Makanya kadang banyak buku-buku yang sudah dibuka plastiknya yang belum saya selesaikan, menumpuk bersesak-sesakan di rak.

Sebagai Pembaca Poligamis, tentu banyak buku-buku yang tidak berhasil saya selesaikan. Di bawah ini saya tulis sedikit buku-buku yang baru-baru ini saya baca berbarengan satu sama lain, dan masih saya pending, beserta sedikit komentar mengenainya.

Si Penghuni Mars (The Martian) – Andy Weir
Tidak se-enjoyable filmnya. Baca buku ini harus dengan konsentrasi tinggi. Banyak istilah-istilah yang saya nggak ngerti yang entah di awal-awal sudah pernah dijelaskan atau tidak artinya. Saya sudah nyoba tiga kali baca ulang buku ini dari awal, hasilnya masih gagal untuk saya selesaikan x(.

Satu Hari Saja (Just One More Day) – Gayle Forman
Tidak ada yang salah dengan bukunya. Ide ceritanya pun kesukaan saya: stranger meets stranger. Mungkin mood baca saya saja yang lagi jongkok.

Love on Probation – Christina Juzwar
Sudah lama sejak kali terakhir saya baca lini Metropop dari GPU. Buku ini merupakan lanjutan dari cerpen yang ditulis oleh pengarangnya di kumpulan cerpen Metropop Autumn Once More. Cerpennya sendiri memang kurang berkesan sih, tapi Love On Probation cukup seru meski nggak berhasil bikin saya penasaran. Mungkin kapan-kapan baru akan saya lanjut lagi.

Dan di bawah ini adalah buku-buku yang sekarang sedang saya baca. Kebanyakan e-book, yang cetak cuma satu.

Aku Akan Datang (I’ll Be Right There) – Kyung Sook-Shin
Beli ini karena saya suka sekali dengan karya penulisnya yang berjudul Please Look After Mom. Agak tersendat baca ini soalnya narasinya panjang-panjang.

Kerumunan Terakhir – Okky Madasari
Mungkin ekspektasi saya yang terlalu tinggi atau memang bukunya boring, membuat saya agak kesulitan baca buku terbarunya salah satu penulis favorit saya ini. Semoga ceritanya semakin menarik deh, biar bisa cepet kelar x)).

The Last Star – Rick Yancey
Ini sih project percobaan. Saya penasaran dengan buku terakhir dari seri The 5th Wave ini sejak baca buku keduanya beberapa bulan lalu. Tapi kayaknya bakal nyerah sik, saya udah telanjur nyaman dengan terjemahannya, dan di edisi terjemahannya banyak istilah-istilah yang sudah dialihbahasakan juga. Semoga cepat terbit aja deh terjemahannya. Juga, semoga covernya nanti bagus ya, nggak ada Mbak Selena Gomez KW lagi x)) *Lirik Mbak Vina xD*.

The Survival Kit – Donna Freitas
Setelah baca bareng The Vegetarian, Mbak Vina, Mbak Desty, dan saya kemudian nyoba baca bareng buku ini. Tapi kali ini baca barengnya selow. Saya malah baru baca dikit di bagian awal. Sepertinya seru.

The Husband’s Secret – Liane Moriarty
Udah nyoba baca buku ini dari tahun belakang, dan gagal. Tapi setelah baca Big Little Lies, saya jadi percaya diri untuk ngasih kesempatan lagi buat buku ini. Saya baca ulang dari awal, semoga kali ini bisa sampe selesai.

Whoa, banyak juga ya? -_-“ Kayaknya saya emang Pembaca Poligamis sejati deh xP. Semoga saja di antara buku-buku yang saya tulis di atas ada beberapa atau malah semuanya yang berhasil saya selesaikan. Bagaimana dengan kamu sendiri? Apakah kamu termasuk Pembaca Poligamis juga? Atau malah kamu orang yang setia baca satu buku sampai habis tak peduli semembosankan apa pun buku itu? 

**Klarifikasi dikit, saya poligamis cuma dalam hal membaca kok, kalau dalam mencinta, saya orangnya setia looh... xP #apaapaan

2 komentar:

  1. Wahh, menarik nih dengan istilah pembaca poligamis. Tapi kalau aku sendiri kadang merasa berdosa aja gitu kalau membaca satu buku tapi gak langsung diselesaikan. Bahkan seboring apapun atau tersendat waktunya aku selalu berusaha menuntaskan 1 buku itu sebelum beralih ke buku lainnya.
    Pernah sih gak selesai baca satu buku dan rasanya kok gak tenang dan seperti udah berkhianat gitu *eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, hebat dong kalo bisa gitu. Kalo saya maksa harus selesai satu buku sebelum baca yang lain bisa-bisa nggak baca-baca x))

      Hapus