Minggu, 28 Agustus 2016

Monolog ABOokaddict: Some Books that Featured in TV Series





Di akhir pekan seperti hari ini, apa kegiatan spesial yang kamu rencanakan? Menghabiskan waktu bersama pacar? Atau kamu tipe yang lebih senang menghabiskan sisa akhir pekan di rumah seperti baca buku, menulis, beres-beres rumah, tidur sampai puas, atau sekadar menonton serial televisi favorit?

Pernahkah kamu ketika sedang menonton serial televisi atau drama Korea atau apalah secara tidak sengaja menemukan “cameo” dari buku yang menjadi favoritmu? Saya pernah. Sering malah. Untuk itulah saya ingin membagi beberapa judul buku yang pernah nongol di beberapa serial televisi dan drama Korea yang pernah saya tonton.

Where’d You Go, Bernadette? – Jane the Virgin


Bagi yang pernah menonton serial yang kekocakannya terkesan mengolok-olok kelebayan telenovela ini pasti tahu benar kalau Jane, tokoh utamanya punya passion dalam menulis, dan dia juga sangat mencintai buku. Mungkin ada beberapa buku yang juga pernah nongol di dalam serial ini tapi yang paling saya ingat sih Where’d You Go, Bernadette ini. Oh, sama Pride and Prejudice.


Gone Girl (and many more!!!) – Orange is the New Black

*salah satu adegan favorit yang berhubungan dengan ayam x))* 

Serial ini bisa jadi merupakan serial yang paling banyak menggunakan book references (bahkan di beberapa jokes-nya). Dan bisa dibilang hampir semua tokoh di serial ini baca buku, karena buku bukan benda terlarang di Litchfield Correctional Facility. Errr, kecuali FSOG kali ya? x))


Saya suka tokoh Piper dan Alex, tapi favorit saya adalah tokoh Poussey dan Taystee *duh, jadi sedih kalo inget Poussey :’(*. Mereka sampe ngadain pemakaman simbolis buat buku-buku di perpustakaan Litchfield yang jadi korban pembakaran. Isn’t that cute?


The Maze Runner – Superstore


I love America Ferrera. I love this series! Well, kemunculan bukunya nggak begitu relevan sama ceritanya, tapiiii karena saya suka serial ini, nggak apa-apa deh dimasukin list. Buat manjang-manjangin xP


The Miraculous Journey of Edward Tulane – You Who Came from the Stars



Kemunculan buku yang bercerita tentang kisah Edward Tulane si boneka kelinci porselen ini punya peran yang cukup penting dan amat relevan dengan kisah Do Min Joon (itulah kenapa buku ini jadi buku favoritnya). Kalo cewek-cewek mengagumi Do Min Joon karena pesona ketampanannya, saya malah naksir sama perpustakaannya!!! *Cheon Song Yi boleh deh ambil Do Min Joon, tapi sisain perpustakaannya buatku :”>* *Nggak penting banget ya x)*


Love is: Puuung's Illustration of Love – W

 *duh, Han Hyo Joo... dari tangannya aja udah ketauan kalo orangnya tjantik :">*

W bisa dibilang drama Korea yang sedang ngetop-ngetopnya sekarang. Bukan hanya karena cast-nya, tapi dari segi cerita drama ini menawarkan sesuatu yang segar. Rom-com dicampur thiller dan fantasi. Buku ilustrasi karya Demi Park a.k.a Puuung ini nongolnya di episode 7 dan baidewei edisi Bahasa Indonesianya ada diterbitkan penerbit lokal dan telah masuk ke wishlist saya >.< yakin deh kalo kamu nigkutin drama ini, pasti juga bakalan tertarik sama buku ilustrasi yang unyu ini.


Big Little Lies – Age of Youth


*huruf hangul-nya bikin covernya lebih bagus ya?*


Drama produksi jtbc ini bercerita tentang cewek-cewek kos (yang cantik-cantik >,<) dengan segala permasalahan masa muda mereka. Big Little Lies karya Liane Moriarty ini berperan (agak) penting di episode 10. Bagi yang belum baca, buruan baca deh, sekalian juga baca karya penulisnya yang lain: The Husband’s Secret (saya suka banget buku ini!!!). Sekalian nonton juga dramanya yaa ;))


Ada beberapa yang lain yang pernah saya temukan di judul-judul serial lain, tapi saya lupa xD Buat saya, setiap menemukan satu judul buku di serial televisi seperti buku-buku di atas dapat menimbulkan kesenangan tersendiri. Nggak tahu kenapa.. kalo kamu, apakah kamu pernah menemukan buku favoritmu di serial yang pernah kamu tonton?

6 komentar:

  1. waah ternyata di drama Korea lumayan jg ya hahaha paling notice ya yg di My Love from Another Star sih krn relevan sama jalan ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong :))
      Kalo di drama itu sih emang ketauan banget, malah ada narasi Do Min Joon yang bacain sedikit isi buku itu kan?

      Hapus
  2. Kamu tonton semua serial yang disebutkan di ataskah Bo? Aku cuma tahu ada drama Korea yang menampilkan buku "The Miraculous Jorney of Edward Tulane" itu di sini: http://bibliough.blogspot.co.id/2015/11/edward-tulane.html. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Raaf :> yang diatas memang beberapa serial favoritku.
      Edward Tulane emang bagus sih, buku anak-anak yang bikin baper x)

      Hapus
  3. Whoahhhh, aku jadi pengin nonton Orange is the New Black :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serialnya bagus mbak. Banget. Tapi... rating-nya dewasa.
      Aku udah ngingetin lho ya :>

      Hapus