Rabu, 16 November 2016

[Book Review] Kamu, Aku, Doa.: Kumpulan Doa Tentang Urusan Hati






Judul: Kamu, Aku, Doa.
Pengarang: Adityayoga & Zinnia
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: November 2016
Tebal: 76 halaman




“Ya Tuhan,

Berikanlah aku pencerahan,
sebetulnya aku siapanya dia sih....


Amin”


Pernahkah kalian memperhatikan kalau dewasa ini, bahkan hal sederhana seperti buku pun ikut berkembang? Maksud saya, sekarang buku tak hanya dinikmati dengan dibaca tok, baik di dalam maupun luar negeri penerbit berlomba-lomba menerbitkan buku-buku berkonsep unik. Seperti, yang sempat menjadi tren beberapa bulan lalu, buku mewarnai yang target pasarnya untuk orang dewasa. Lalu buku yang menyediakan beberapa halaman kosong untuk ditulisi, digambari, dicoret-coret oleh pemiliknya. Terus ada buku puisi yang tak hanya berisi puisi tapi pembacanya bisa menikmati foto-foto atau ilustrasi di dalamnya. Tak ketinggalan, buku-buku kombinasi antara ilustrasi dan tulisan-tulisan pendek dengan tema tertentu.

Kemudian saya menemukan buku berukuran minimalis ini (yang selanjutnya akan saya sebut sebagai buku kumpulan doa). Buku kumpulan doa ini terdiri dari lima judul dengan tema berbeda: “Kamu, Aku, Doa.”, “Monas, Macet, Doa.”, “Lapar, Gosong, Doa.”, “Desain Grafis, Deadline, Doa.”, dan “Ponsel, .3gp, Doa.”. Saya sudah baca semuanya tapi yang paling menjadi favorit saya lalu saya putuskan untuk menulis review-nya adalah ”Kamu, Aku, Doa.”


“Ya Tuhan,

Pengen selingkuh, tapi saya nggak
punya pacar... gimana dong?”


Isi buku ini cuma doa-doa pendek kepada Tuhan tentang urusan hati #tsaah. Tapi meski pendek, doa-doanya ngena. Ada curhatan tentang jomblo yang kepingin punya pacar, tentang pacar yang dianggurin ketika diapelin, tentang baper ke mantan, tentang selingkuhan, macem-macem deh pokoknya. Efek yang ditimbulkan juga macem-macem, ada yang bikin meringis, ketawa, menyeringai, hingga baper x(

Yang saya kutip di review ini hanya sebagian kecil dari isinya, masih banyak lagi yang lebih unik, lucu, koplak. Percaya sama saya, kalo kamu kepingin baca buku unik yang bisa dibaca sekali duduk sekaligus enak dibaca berulang-ulang, nggak akan nyesel baca buku ini. Seenggaknya akan ada beberapa doa di buku ini yang pernah diam-diam dalam hati pernah kamu panjatkan ke Tuhan. Relatable banget!


“Ya Tuhan,

Jauhkanlah kami dari mental burung
kakatua yang setelah ‘tekdung’
lalu dia bersenandung ‘lalalaaa’.


Amin”





1 komentar: